Rabu, 13 November 2013

Mengenal Wayang


Mengenal Wayang, berarti mengenal kekayaan budaya asli Indonesia. 


Berasal dari bahasa Jawa, wayang merupakan "bayangan". Bayangan dari sifat manusia dalam kehidupan ada unsur kebaikan, keburukan, angkara, murka dan sebagainya. Tidak mengherankan bahwa masyarakat Jawa berperan besar pada budaya ini. 

konon saat itu, mereka masih menganut paham anismime dan dinamisme, sehingga pertunjukkan wayang sering kali hadir mengiringi upacara-upacara keagamaan.

Masuknya pengaruh Hindu, merupakan periode emas perkembangan wayang. Jadi tidak mengherankan apabila wayang dapat ditemukan di Jawa dan Bali

Seiring majunya zaman, wayang bermanfaat untuk bidang pendidikan, penerangan, pemahana filsafat, hiburan,  serta dakwah.
Seni pertunjukkan ini sendiri meliputi, wayang orang, wayang kulit, kayu, dan rumput. 

Karena keunikannya, tanggal 7 November 2003, PBB melalui UNESCO, menetapkan wayang sebagai warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur ((Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). 

Kepedulian UNESCO merupakan suatu apresiasi untuk masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari masyarakat, mari lestarikan budaya ini, dengan cara lebih mengenal wayang.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar